Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) merupakan salah satu dari 172 kampus Perguruan Tinggi yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Kampus ini terletak di Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur.

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur didirikan pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menristek Dikti RI Nomor 463/KPT/I/2017. Cikal bakal UMKT adalah STIKES Muhammadiyah Samarinda (berdiri pada tahun 2009 dengan Akreditasi Institusi B) dan STIE Muhammadiyah Samarinda (berdiri pada 15 September 1981). UMKT saat ini memiliki 4 Fakultas dan 16 program studi tingkat Sarjana dan Diploma Tiga.

Sebagaimana ciri khas Muhammadiyah, UMKT dibangun untuk mengembangkan dimensi-dimensi manusia secara seimbang, baik moral-spiritual, intelektual, fisik, dan ketrampilan bekerja. Dengan mengembangkan dimensi kemanusiaan yang lengkap tersebut, maka UMKT diharapkan menjadi pusat pendidikan alternatif dan unggul, yaitu mampu membentuk manusia Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan bangsa.

Dengan pendirian universitas baru ini kami mengundang generasi muda untuk bersama sama belajar dan mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang modern. Kami juga menundang para senior dari Univeristas Muhammadiyah Surakarta, dari STIKES Muhammadiyah Samarinda, dan dari STIE Muhammadiyah Samarinda serta dari instansi pendidikan lain untuk bersama sama membangun suasana belajar universitas yang kondusif. UMKT ingin mewujudkan kebebasan akademik yang bertanggung jawab, kejujuran, keterbukaan, kesetaraan, non diskriminatif, dipandu dengan pendidikan moral dan aqidah Islam. Semuanya itu untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul, religius, modern, dan mengerti permasalahan bangsa.